Keajaiban Al Qur’an: Orbit Planet

Saat menyebut matahari dan bulan di dalam Al Qur’an, terdapat penekanan bahwa masing-masing bergerak di orbit tertentu.

Orbit01

Disebutkan pula dalam ayat lain bahwa matahari tidaklah diam di suatu tempat melainkan bergerak dalam orbit tertentu:

Fakta-fakta yang disebutkan dalam Al Qur’an ini telah ditemukan lewat observasi astronomi di jaman kita. Menurut perhitungan para ahli astronomi, matahari bergerak dalam kecepatan yang sangat tinggi – sekitar 720.000 kilometer per jam menuju bintang Vega di dalam orbit khusus yang disebut Solar Apex. Ini berarti bahwa matahari telah menempuh kurang lebih 17.280.000 kilometer per hari. Bersamaan dengan matahari, seluruh planet dan satelit-satelitnya di dalam sistem gravitasi matahari juga menempuh jarak yang sama. Sebagai tambahan, seluruh bintang di alam semesta ini juga berada di dalam suatu gerak terencana yang sama.

Bahwa seluruh alam semesta ini dipenuhi jalur-jalur dan orbit-orbit seperti ini, telah tertulis sebagai berikut ini:

Seperti berbagai komet lain di alam semesta, komet Halley seperti dalam gambar, juga bergerak dalam orbit yang terencana. Komet itu memiliki orbit khusus dan bergerak di dalamnya secara serasi dengan seluruh objek alam semesta lainnya.

Ada sekitar 200 juta galaksi di dalam alam semesta, masing-masingnya terdiri dari 200 juga bintang. Sebagian besar dari bintang-bintang ini memiliki planet, dan kebanyakan planet ini mempunyai satelit. Seluruh susunan alam semesta ini bergerak di dalam orbit yang dihitung sangat presisi. Selama berjuta-juta tahun, masing-masing objek telah “berenang” di dalam orbitnya dalam keselarasan dan keteraturan yang sempurna bersama-sama dengan objek yang lain. Lebih jauh lagi, seluruh komet juga bergerak di dalam orbit masing-masing yang telah ditentukan.

Seluruh objek di alam semesta, termasuk planet-planet dan satelit-satelitnya, bintang-bintang, bahkan galaksi-galaksi memiliki orbitnya masing-masing yang sudah dihitung dengan sangat teliti. HanyaTuhan-lah yang telah menciptakan semuanya dalam keserasian dan menjaganya.

Seluruh objek di alam semesta, termasuk planet-planet dan satelit-satelitnya, bintang-bintang, bahkan galaksi-galaksi memiliki orbitnya masing-masing yang sudah dihitung dengan sangat teliti. HanyaTuhan-lah yang telah menciptakan semuanya dalam keserasian dan menjaganya.

Orbit-orbit di alam semesta ini juga tidak hanya menjadi milik dari objek-objek di dalamnya. Bahkan galaksi itu sendiri juga bergerak dalam kecepatan yang sangat tinggi dalam orbit yang sudah terhitung dan terencana. Selama gerakan-gerakan tersebut terjadi, tidak ada satupun objek di alam semesta ini yang memotong jalur objek lainnya, atau saling bertumbukan.

Tentu saja pada waktu Al Qur’an mengemukakan hal ini, umat manusia belum memiliki teleskop atau teknologi pengamatan yang canggih seperti jaman sekarang untuk mengamati ruang seluas berjuta-juta kilometer, tidak pula pengetahuan modern mengenai fisika atau astronomi. Oleh karena itu, pada saat itu, tidaklah mungkin untuk mengemukakan secara ilmiah, bahwa alam semesta ini “dipenuhi jalur-jalur dan orbit-orbit” seperti disebutkan di dalam ayat tadi. Walau bagaimanapun, ini secara terbuka telah dinyatakan di dalam Al Qur’an bertahun-tahun yang lampau, karena Al Qur’an merupakan wahyu Ilahi.

Sumber:
Harun Yahya. “Miracles of The Qur’an”. Harun Yahya Publishings. 2001.



Artikel: © 2001 Harun Yahya.
Saduran: © 2008 Arief Hendra Saptadi.
Hak Cipta dilindungi oleh Undang-Undang. Dilarang menyalin sebagian atau seluruh isi naskah tanpa ijin tertulis dari Penulis dan Penyadur.

7 Tanggapan to “Keajaiban Al Qur’an: Orbit Planet”

  1. indrayana Says:

    Dengan melihat tanda tanda kebesaranNya sungguh sangat tidak layak bila kita mengingkarinya.
    Semoga kita tetap dijalanNya. Amin

  2. ariefhs Says:

    Benar sekali, Mas Indrayana. Setuju.

  3. Najmal Says:

    Subhanallah begitu kecilnya kita dihadapan-Nya.

  4. ariefhs Says:

    @Najmal
    Terima kasih telah berkunjung.

  5. widya Says:

    Keajaiban yang luar biasa….. Betapa manusia begitu kecilnya…

  6. rozichin HP Says:

    Alloh Yang Maha Kuasa dan Maha Menciptakan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s


%d blogger menyukai ini: