6 Langkah Sederhana Proteksi PC

Bagi anda yang baru saja memiliki komputer yang terkoneksi ke internet, bila ada waktu, sempatkan berkunjung sebentar ke Yahoo! Security Center. Di sana banyak terdapat nasehat, anjuran, tips dan trik untuk melindungi komputer anda dari berbagai perangkat lunak “jahat” (malware) semacam virus, trojan, worm, spyware dan semacamnya. Termasuk pengertian dan penjelasan mengenai empat contoh malware itu🙂

Berikut ini saya sadurkan salah satu artikel dari situs tersebut, yang sepertinya sangat bermanfaat dan mudah untuk dipraktekkan.


  1. Gunakan perangkat lunak anti-virus dan selalui perbarui data-datanya.Jika anda belum melakukan instalasi anti-virus di komputer, lakukanlah sekarang. Anti-virus dapat mendeteksi sebagian besar (meski tidak semua) bentuk perangkat lunak “jahat” (malware), sebelum malware tersebut memiliki kesempatan untuk mempengaruhi komputer anda. Saat membeli perangkat lunak antivirus, carilah yang didalamnya sudah terdapat anti-spyware. Pada umumnya perangkat lunak anti-virus dapat melakukan pembaharuan (update) secara otomatis untuk anda. Periksa selalu apakah proses pembaharuan tersebut berjalan dengan benar.
  2. Jagalah selalu perangkat lunak anda pada kondisi terbaru (up-to-date).

    Anda dapat mencegah berbagai masalah dengan secara teratur memeriksa dan melakukan instalasi untuk memperbaharui program-program komputer yang ada, termasuk sistem operasi (Windows, Linux), browser (Firefox, Internet Explorer, Opera, Netscape Navigator), messaging software (Yahoo Messenger, MSN Messenger, Trillian, Pidgin) dan perangkat lunak lainnya. Waspadalah saat mengklik berbagai tautan (link) di dalam email yang menyatakan bahwa ada berbagai pembaharuan yang tersedia untuk perangkat lunak anda. Adalah lebih aman untuk mengetikkan alamat tersebut di bagian baris alamat (Address Bar) pada browser untuk mengunjungi situs tersebut secara langsung.
  3. Periksa pengaturan keamanan di komputer anda.

    Sebagian besar sistem operasi (seperti Windows XP) memiliki firewall bawaan dan perangkat lunak pelindung lainnya untuk mencegah akses ke komputer anda dari pihak-pihak yang tidak berhak. Periksa sistem operasi anda untuk memastikan bahwa komputer anda telah terproteksi lewat berbagai macam pengaturan yang tersedia. Lakukan instalasi pembaharuan keamanan dan “tambalan” (patches) sesegera mungkin.

  4. Berhati-hatilah saat membuka lampiran (attachment) email.

    Pertimbangkan untuk mematikan fasilitas di dalam program email anda yang membuka secara otomatis lampiran-lampiran email. Jika anda memperoleh suatu lampiran yang tidak diharapkan, jangan langsung membukanya. Sebelum anda membuka lampiran tersebut – meski itu berasal dari orang yang anda percayai – lakukan pemindaian (scan) dengan perangkat lunak anti-virus. Beberapa layanan email di internet telah secara otomatis melakukan pemindaian seluruh lampiran untuk membuang virus.

  5. Jangan melakukan instalasi untuk program-program yang “asing”.

    Pikirkan dengan berhati-hati sebelum melakukan instalasi perangkat lunak dan menjalankannya, seperti freeware dan shareware yang tersedia di internet. Hanya unduh (download) perangkat lunak dari sumber yang anda percayai. Jangan lakukan instalasi program jika anda tidak dapat memeriksa apakah itu berasal dari sumber terpercaya. Pastikan anda mengetahui apa yang akan dilakukan oleh perangkat lunak tersebut dan bagaimana itu akan mempengaruhi komputer anda. Perangkat lunak “jahat” (seperti virus dan spyware) sering menyamar sebagai program yang terpercaya dan berguna. Sebagai contoh, anda mungkin tergoda untuk mengunduh suatu program yang menyatakan dapat menjaga jam komputer anda tetap tersinkronisasi dengan jam yang “terpercaya”. Namun jika program tersebut memiliki iklan atau spyware, maka program itu juga dapat menayangkan jendela pop-up iklan saat anda sedang menggunakan internet atau merekam situs-situs tujuan yang sedang anda kunjungi saat itu.

  6. Waspadai peringatan dan iklan yang anda peroleh saat berkunjung ke suatu situs.

    Jangan percayai setiap peringatan yang anda baca – terutama peringatan-peringatan dalam jendela pop-up – yang muncul saat sedang mengakses sebuah situs. Perusahaan-perusahaan yang tidak bertanggung jawab menggunakan jendela pop-up iklan untuk menampilkan peringatan-peringatan palsu mengenai komputer anda. Abaikan saja.Jangan klik pada tombol yang terdapat di jendela pop-up (seperti tombol “Close” atau “No”) atau bahkan kotak Close yang mungkin muncul di sudut kanan atas dari jendela pop-up. Menutup pop-up lewat tombol-tombol tersebut bisa jadi sebenarnya malah memberikan perintah untuk melakukan instalasi virus atau perangkat lunak “jahat” lainnya di dalam komputer anda. Untuk menutup sebuah jendela iklan pop-up, tekanlah Ctrl + W (jika anda menggunakan komputer Windows) atau Command + W (jika anda menggunakan komputer Apple MacIntosh). Anda mungkin pernah menerima peringatan lewat email yang sepertinya berasal dari seorang “ahli” komputer yang memperingatkan anda mengenai sebuah virus. Ini biasanya berita bohong (hoaxes) belaka. Jangan ikuti langkah-langkah yang digambarkan di dalam email kecuali jika anda yakin bahwa peringatan tersebut berasal dari sumber yang jelas dan terpercaya serta berita itu memang benar adanya.

Sumber:
Yahoo! Security Center. Protect Your PC.



2 Tanggapan to “6 Langkah Sederhana Proteksi PC”

  1. waldy Says:

    Thank’s Untuk Tips Nya

  2. ariefhs Says:

    Terima kasih. Wah, situsnya keren juga nih Mas. Saya jadi punya banyak bahan candaan plus sms humor buat teman-teman😀

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s


%d blogger menyukai ini: