AVG 8 Free Edition: Antivirus Gratis Plus Anti-Spyware Terintegrasi

Beberapa waktu yang lalu, Grisoft – produsen Antivirus AVG – meluncurkan AVG 8 Free Edition (A8FE). Versi gratisan ini menyusul kemunculan 2 produk sekuriti lainnya, AVG 8 Professional Edition dan AVG Internet Security. Meski banyak terjadi pembatasan fitur (sebagai konsekuensi logis dari statusnya yang gratisan🙂 ), A8FE memiliki Anti-Spyware terintegrasi. Ini yang membedakannya dengan produk-produk antivirus lainnya yang juga berstatus “free “.


Pengunduhan

File installer untuk antivirus ini tergolong cukup besar, 47 MB (versi 8.0.1 tanggal 29 April 2008). Anda bisa mengunduhnya disini. Sayang sekali, AVG 7.5 Free Edition tampaknya adalah versi terakhir yang masih mendukung sistem operasi Windows 9x atau ME. A8FE hanya mendukung sistem operasi mulai dari Windows 2000 Server ke atas (termasuk Windows XP dan Vista). Terlebih lagi file installer untuk AVG 7.5 Free Edition sudah tidak tersedia dari situs resmi. Artinya jika anda masih memilikinya, simpanlah baik-baik, karena update untuk versi ini masih ada.

Instalasi

Dari sisi instalasi, tidak terdapat perbedaan yang berarti dibandingkan dengan versi sebelumnya (versi 7.5). Jika saat ini di komputer anda sudah terdapat AVG dengan versi yang lebih lawas, A8FE akan langsung mendeteksinya dan menawarkan untuk menghapusnya. Anda tidak perlu membuangnya secara manual terlebih dahulu.

AVG 8 Free Edition - 01

Setelah selesai, proses ini disusul dengan pengaturan penjadwalan (untuk update dan scan), tawaran untuk mengambil informasi dari komputer anda untuk mengidentifikasi adanya ancaman (threat) dari internet, konfirmasi instalasi Yahoo! Toolbar, tawaran untuk langsung melakukan update, dan registrasi untuk memperoleh dukungan teknis lewat forum diskusi. Instalasi ini (kadangkala) membutuhkan proses reboot.

Hasil dari instalasi menunjukkan sedikit perbedaan. Jika di versi 7.5 anda akan mendapatkan shortcut untuk menjalankan AVG Control Center (pusat kendali), AVG Test Center (pusat pemindaian), dan AVG Virus Vault (tempat karantina virus), maka di versi terbaru ini hanya akan terdapat dua shortcut. AVG Free Tray Icon (untuk menjalankan program resident di system tray ) dan AVG User Interface (untuk membuka program utama).

AVG 8 Free Edition - 02

Jika anda sedang mengakses internet dan membuka browser, A8FE akan memunculkan pesan bahwa AVG Security Toolbar telah terpasang.

AVG 8 Free Edition - 03

Tampilan dan Fitur

Logo dari A8FE tampak berbeda, tidak semata-mata bujursangkar yang dibagi menjadi 4 kotak warna. Menu yang tampil saat anda melakukan klik kanan icon tersebut di System Tray menunjukkan sesuatu yang lain. Tidak ada lagi pembedaan antara Launch AVG Free Control Center dan Launch AVG Test Center. Semuanya cukup diakses lewat AVG User Interface.

AVG 8 Free Edition - 04

Saat anda membuka A8FE, nuansa “Vista” sedemikian terasa. Tampilannya terkesan sederhana dan “lapang”. Deretan menu-menu dengan isi submenunya tidak terlalu jauh berbeda dengan versi pendahulunya. Pada versi ini, panel sebelah kiri hanya menampilkan Overview (daftar komponen yang terpasang), Computer Scanner (untuk pemindaian) dan Update Now (untuk pemutakhiran).

AVG 8 Free Edition - 05

Tidak seperti pada versi 7.5 dengan sistem menu yang meluncurkan aplikasi di windows yang berbeda untuk setiap tombolnya.

AVG 8 Free Edition - 06

Ditinjau dari fiturnya, dua hal yang membedakannya dengan versi sebelumnya adalah adanya pengintegrasian AVG Anti-Spyware (untuk memindai perangkat lunak “jahat” yang memata-matai sistem) dan Safe Search yang akan memberikan informasi terhadap tingkat sekuriti dari link hasil pencarian Search Engine. Apakah link tersebut menghantarkan ke situs yang aman-aman saja (bertanda centang hijau), ada indikasi yang mencurigakan (bertanda seru kuning) atau justru membahayakan (bertanda silang merah).

AVG 8 Free Edition - 07

Meski terdapat 2 fitur baru terintegrasi, masih ada berbagai pembatasan untuk fasilitas yang disediakan bila dibandingkan dengan AVG versi Profesional Edition maupun Internet Security. Jika anda membuka menu Tools > Advanced Settings dan menjelajahinya, banyak sekali terdapat opsi-opsi yang dimatikan.

Pemindaian

Terdapat 3 pilihan pemindaian yang tersedia di AVG: Scan Whole Computer (pemindaian seluruh komputer/sistem), Scan Specific Files and Folders (pemindaian untuk file dan folder tertentu) serta Scan lewat menu ekstensi di Windows Explorer. Ketiganya dapat diatur secara rinci lewat menu Tools > Advanced Settings > Scans.

AVG 8 Free Edition - 08

Fasilitas resident shield yang terdapat di System Tray cukup responsif. Saya menancapkan flashdisk yang didalamnya terdapat virus berupa skrip visual basic yang berjalan lewat mode Autorun, dan A8FE langsung mendeteksinya.

AVG 8 Free Edition - 09

Laporan hasil pemindaian tidak banyak berbeda dengan versi 7.5. Satu-satunya yang membedakan hanyalah laporan pendeteksian Spyware, seiring dengan terintegrasinya Antispyware.

AVG 8 Free Edition - 10

Pemutakhiran

A8FE memiliki beberapa pilihan untuk melakukan pemutakhiran (update). Pertama, melalui fasilitas pemeriksaan update secara terjadwal. Kedua, melalui icon di System Tray. Tinggal klik kanan dan memilih Update Now . Terakhir, jika anda memiliki komputer yang tidak terus-menerus terkoneksi ke internet, setidaknya masih tersedia alternatif untuk melakukan pemutakhiran secara manual. File update dapat diunduh dari situs ini. Sedangkan untuk pengguna versi 7.5 bisa mengambilnya dari sini . Setelah selesai, seluruh file dapat disimpan di dalam sebuah folder. Buka A8FE, dan pilihlah menu Tools > Update from directory .

AVG 8 Free Edition - 11

Tentukan jenis update mana yang akan dilakukan. Jika anda sudah cukup lama tidak melakukan pemutakhiran, maka biasanya sistem perlu melakukan restart seusai proses tersebut berakhir.

Namun pastikan pula bahwa file update yang sudah anda unduh dari internet, dalam keadaan baik, utuh, dan tidak “terkorupsi”. Bila hal ini terjadi maka akan mengakibatkan kegagalan proses pemutakhiran. A8FE akan memberikan pesan peringatan.

AVG 8 Free Edition - 12

Penjadwalan

Selayaknya antivirus yang lain, A8FE memiliki fitur penjadwalan. Anda bisa mengakses fitur penjadwalan ini via menu Tools > Advanced Settings > Schedules.

Ini bisa dimanfaatkan untuk melakukan proses pemindaian secara otomatis atau bila komputer terkoneksi ke internet, dapat digunakan untuk melakukan proses pemutakhiran (baik signature virus maupun program) yang diatur pada interval waktu tertentu.

Namun sayangnya bila saat penjadwalan tidak dapat berjalan (seperti kasus terputusnya koneksi internet saat A8FE sedang menjadwalkan pemutakhiran secara otomatis atau pada komputer yang memang tidak terkoneksi ke internet), maka akan tampil “gangguan” icon peringatan sebagai ganti dari icon A8FE biasanya.

AVG 8 Free Edition - 13

Bila anda melakukan pemutakhiran secara manual, anda tidak bisa mematikan penjadwalan untuk memperoleh update terbaru secara otomatis. Tetapi setidaknya anda bisa mengaturnya ke waktu dimana komputer sedang dalam keadaan dimatikan.

Kesimpulan

Jika anda seorang pengguna komputer rumahan dengan aktivitas berkomputer yang “biasa-biasa” saja plus mengakses internet sekedar untuk keperluan rutin, maka antivirus ini tepat bagi anda.

Namun apabila anda adalah seorang power user yang gemar mengutak-atik sistem, melakukan aktivitas internet yang masif dan beresiko tinggi, maka anda membutuhkan proteksi lebih yang tidak dapat disediakan oleh antivirus versi ini.

Perlindungan yang diberikan oleh antivirus ini masih bersifat mendasar (Grisoft menyebutnya “Basic”), meski gratis, tetapi dengan “embel-embel” reklame untuk “hijrah” ke versi berbayar, yang akan langsung aktif jika komputer anda terkoneksi ke internet.

AVG 8 Free Edition - 14


OPPD


Perhatian:
Ulasan ini semata-mata merefleksikan pendapat pribadi penulis sebagai pengguna produk, bukanlah sebuah ulasan yang objektif dan komprehensif mengenai sebuah produk. Penulis sangat tidak menyarankan ulasan ini dipergunakan sebagai satu-satunya acuan. Spesifikasi produk bisa jadi berbeda (atau mengalami perubahan) untuk tipe yang sama. Segala macam versi, edisi, maupun revisi dari produk, adalah mengacu pada saat artikel ini ditulis, atau sebagaimana disebutkan di dalam naskah. Penulis tidak memiliki afiliasi apa pun dengan produk yang diulas.


© 2008 Arief Hendra Saptadi. Hak Cipta dilindungi oleh Undang-Undang. Dilarang menyalin sebagian atau seluruh isi naskah tanpa ijin tertulis dari Penulis.

19 Tanggapan to “AVG 8 Free Edition: Antivirus Gratis Plus Anti-Spyware Terintegrasi”

  1. dian Says:

    Stuju pak…AVG 8.0 ada peningkatan dari AVG sebelumnya,,cuma yang jadi masalah, file installernya ini (too big to download it)..and kadang2 stuck di tengah2 (jika pake CNet untuk link downloadnya – padahal ini pilihan defaultnya)…

    tapi,,ga nyesel juga coba AVG ini,,,ga ketinggalan,,,skinnya Vista,,,mirip sama TuneUp 2008
    fiturnya juga lebih komplit dari versi sebelunya…

    untuk alternatif AV,,AVG cocok dipakai (ga terlalu membebani memory)..dibandingkan dengan ****** yang rakus memori…atau, bisa juga pakai Avast (deteksi virusnya lumayan), atau ClamAV yang open source …

  2. ariefhs Says:

    Thanks buat comment-nya. Kayaknya saya sudah punya seorang pengunjung tetap nih😉 Sekali lagi terima kasih.

  3. dian Says:

    Sama-sama pak…silahkan kunjungi “rumah maya” saya sesekali kalau ada waktu

  4. ariefhs Says:

    Siplah🙂

  5. preme Says:

    lengkap sekali pak tutorialnya, wah lama ndak mampir kesini neh😀

  6. ariefhs Says:

    Trims. Ya sekedar menulis dan mencuplik gambar sana-sini saja kok Mas. Saya juga sudah lama nggak berkunjung ke web-nya Mas Preme. Sama-sama nih🙂

  7. nnix (rony) Says:

    kl ada yg punya AVG versi paling terbaru tolong kirimin dong ke (century_line@yahoo.co.id)
    mau download sering error om

  8. ariefhs Says:

    Jawaban untuk pertanyaan Mas, sudah saya kirim via email. Terima kasih telah berkunjung ke blog saya.

  9. syaf Says:

    cara ngeluarin n normalin file dr virus yang dah terlanjur masuk avg vault gmn ya?ada yang tw g nih?
    mhion bantuannya?
    file2 penting sya di sandra avg vault

  10. ariefhs Says:

    Coba Mas, tancapkan flashdisk dulu. Lalu buka AVG (versi 8), terus disitu klik menu History > Virus Vault. Dari situ pilih salah satu atau beberapa file yang “ditahan” oleh AVG, terus klik Restore As, lalu untuk lokasinya pilih flashdisk yang Mas tancapkan tadi. Kalau sudah, lepas flashdisk dan cari komputer lain untuk membukanya. Cara lain, silakan Mas cari folder dengan nama $AVG8.VAULT$ (standarnya folder ini beratribut hidden – silakan munculkan dulu lewat menu Tools > Folder Options di Windows Explorer). Seluruh file yang dicurigai oleh AVG disimpan disini, termasuk file Mas itu tadi. Salin file ini ke flashdisk. Coba dibuka lewat komputer lain, dengan mengubah dulu ekstensinya (karena secara standard AVG mengubahnya menjadi berekstensi FIL). Dua cara ini sih sebenarnya untuk kasus darurat saja. Lebih bagus lagi kalau file di AVG Vault itu dikirim untuk dianalisa (Send to analysis), apakah termasuk virus atau bukan. Semoga membantu. Atau monggo, mungkin ada yang dapat menambahi atau mengoreksi?

  11. dian Says:

    kyknya sh,,klo dah msk quarantine/virus vault/yg laen brarti filenya sdh ditumpangi vrs..[atau dengan kata lain, isinya sdh berubah dari defaultnya..entah dengan cara apa, penambahan makro mungkin..he he]

    so, klo menurut sya sih, blh2 aja dikeluarin,,tpi hbs tu dikirim ke produsen av/forum anvi-maker wt dibuatin anti-nya n dibuatin tools buat restore file2 yg kna virus tadi…

    ato cba,,keluarin aja file yg ada di virus vault..trz scan pke AV di WinPE cz kbnyakan AV disna ada fitur neutralize file..

  12. ariefhs Says:

    Memang benar sih, Mas. Namun sekali lagi, ini kan kasus darurat. File tersebut segera diperlukan data-data di dalamnya. Sepertinya juga tidak ada backup untuk file tersebut. Jadi yang tergambarkan oleh saya ya seperti itu solusi sementaranya🙂 Terima kasih komentarnya.

  13. dian Says:

    jdi timbul p’tanyaan skrg ni..file jenis apa yang dimaksud mas “syaf” yang sampe msk quarantine?? cz spnjng yg sya tahu,,file2 dokumen meskipun terinfeksi ga akan masuk quarantine…
    klo sya liat mungkin yang mas “syaf” maksudkan file yang ada di quarantine –> file hasil manipulasi virus yang bericon dokumen dsb.

    mungkin ada baiknya mas “syaf” trace lagi dokumennya [pke command prompt aja, lebih afdol meskipun jadull..hehe] n cba di list file2-nya [pke command dir /a] barangkli aja filenya msh ada [mungkin cma disembyikan tpi super hidden]
    lngkh selanjutnya, tinggal liat postnya pak arief lagi..yg mengembalikan atribut file [nice tutorial pak..]

  14. ariefhs Says:

    Oh, ya. Betul juga. Bisa jadi file aslinya masih disembunyikan dengan atribut Hidden. Saya malah nggak terpikirkan ke situ lho Mas🙂 Terima kasih. Sepertinya saya harus memberikan gelar “Komentator Terajin” nih ke Mas Dian😀

  15. Sendhy Swageri Says:

    AVG 8.0 Dahsyatzzzzz…..

  16. dian Says:

    Makasih pak atas “gelar dadakan”-nya. Jadi malu nie😀
    Niatnya sih bukan untuk mencari “gelar” tapi cuma mencoba mengemukakan pendapat aja..diterima monggo, ga jga ga papa..hehe

  17. zali Says:

    halo selamat pagi,saya mau tanya saya menginstall avg8,cuma tinggal package file.nah yang saya tanyakan bagaimana caranya kalau sudah masuk packge file folder?

  18. zali Says:

    halo selamat pagi mas arief,saya mau tanya saya menginstall avg8,cuma tinggal package file.nah yang saya tanyakan bagaimana caranya kalau sudah masuk packge file folder?tolng bantuanya.

    • ariefhs Says:

      Selamat pagi mas Zali. Package file? Sepertinya kalau meng-install avg 8 kok tidak ada istilah package file ya mas. Tinggal klak-klik Next dan Finish begitu saja. Atau mungkin saat instalasi sampai pada tahapan membuka package file kemudian terdapat error sehingga batal?

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s


%d blogger menyukai ini: