Sertifikasi Asesor KKPI: Hari Keempat

Menurut jadwal, hari ini semestinya ada 4 ujian praktek (modul 5, 7, 8 dan 9), dan 5 ujian teori (modul 1 s/d 5). Ujian praktek untuk modul 6 sudah dilaksanakan kemarin dalam bentuk presentasi. Wow! Tidak ada sesuatu apa pun di benak saya melainkan ujian, ujian dan ….. ujian…🙂

Hari ini bertambah “seru”. Empat ujian praktek diselenggarakan secara serempak, dalam waktu 2 jam dengan pengaturan sebagai berikut:

  1. Modul 5

    Peserta dibagikan soal ujian lembar sebar berupa salinan file dengan salah satu tabel yang masih kosong. Peserta wajib mengisinya dengan mengetikkan rumus-rumus perhitungan sesuai instruksi soal. Adapun hasil jadinya haruslah sama dengan tabel contoh di sebelah bawah.

  2. Modul 7

    Peserta diminta untuk membuat tabel berisi beberapa field dengan berbagai jenis data yang berbeda. Berdasarkan tabel tersebut, peserta membuat query. Ada field baru yang dihasilkan dari persamaan yang diperoleh lewat query. Terakhir, peserta harus membuat form untuk navigasi data dan memudahkan pengisian data.

  3. Modul 8 dan 9

    Peserta diminta untuk menciptakan satu artikel dengan tema “Produk Unggulan” dari suatu negara. Setiap peserta memperoleh “jatah” negara yang berbeda-beda. Saya memperoleh negara Thailand, dan yang terpikirkan saat itu adalah “durian”.
    Artikel tersebut harus mencantumkan gambar berukuran 3 x 3 cm, situs-situs internet yang menjadi referensi, dan kata kunci pencarian informasi di search engine . Format akhir artikel dalam bentuk PDF.

Seluruh file hasil ujian kemudian dikumpulkan ke dalam flash disk panitia yang diedarkan ke tiap peserta secara bergiliran.

Selesai istirahat siang, ujian teori dimulai. Adapun teknisnya diatur sebagai berikut:

  1. Ujian akan dilaksanakan untuk modul 1 – 5.
  2. Batas minimal kelulusan untuk tiap modul (termasuk hasil remidi) adalah 90 .
  3. Setiap modul akan dilaksanakan ujian sekali, dengan kesempatan remidi 3x.
  4. Remidi bisa dilaksanakan di hari lain untuk modul yang belum lulus, asalkan “jatah” kesempatan untuk mengulang masih belum habis.
  5. Jika kesempatan untuk mengulang (pada satu atau beberapa modul) sudah habis, maka akan diselenggarakan pengulangan untuk seluruh modul pada hari terakhir.
  6. Setiap akhir ujian satu sesi modul, peserta diperkenankan untuk melihat jawaban yang salah di komputer panitia (dengan harapan tidak mengulangi kesalahan untuk soal yang sama).

Teknis penyelenggaraan ujian teori ini diatur oleh Pak Joko Parwanto yang menangani server ujian KKPI.

Hari ini saya cukup beruntung, dapat menyelesaikan seluruh modul yang diujikan, kendati sempat mengulang untuk modul pertama.

Daftar arsip:

No. Deskripsi Foto/Gambar File
1. Ujian Praktek – Lembar Sebar Hasil Ujian
2. Ujian Praktek – Basis Data Hasil Ujian
3. Ujian Praktek – Koneksi Internet & Pengelolaan Informasi Hasil Ujian
4. Ujian Teori – Modul 1 s/d 5 Hasil Ujian


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s


%d blogger menyukai ini: