Sertifikasi Asesor KKPI: Hari Kedua

Sepulang dari VEDC, saya mengerjakan tugas portofolio hingga jam setengah sebelas malam. Dilanjutkan lagi dari jam 5 hingga 6 pagi tadi. Modul 5 Open Source. Saya memilih perangkat lunak Open Office Calc (OOC) dan mengembangkan kegiatan belajar 2. Pada dasarnya unit kegiatan belajar ini berisi pengenalan bagian-bagian dari OOC, bagaimana cara membuka lembar sebar (spreadsheet) baru, menyimpannya, membukanya kembali, menutup dokumen dan keluar dari aplikasi tersebut. Sebenarnya saya sangat menikmati proses pembuatan modul ini. Namun karena keterbatasan kesempatan, hari Kamis ini modul tersebut belum selesai.

Setiba di VEDC, ternyata bukan saya saja yang belum menyelesaikan pembuatan modul tersebut. Alias belum ada yang selesai mengerjakannya😀 Suara keluh kesah dari para peserta pun acap terdengar. Panitia merespon hal ini dengan “sedikit” mengubah jadwal acara. Hari ini tidak ada acara lain, selain menyelesaikan pengembangan modul, membuat soal latihan untuk modul tersebut dan merancang file presentasi untuk esok hari.

Alhamdulillah. Sedikit bisa bernafas lega. Sedikit bisa mengendurkan urat-urat kepala yang mulai mengencang🙂

Sebelum istirahat siang, akhirnya pengembangan modul telah terselesaikan. Setelah makan siang dan sholat Dzuhur, saya melanjutkan pembuatan soal (sebanyak 10 buah soal pilihan ganda), disusul dengan membuat beberapa slide presentasi. Sore hari sebelum pulang, panitia mengumumkan pengumpulan tugas tersebut. Bahwa seluruh file yang diperlukan harus disimpan di suatu alamat IP yang ditunjuk, di dalam folder dengan nama masing-masing peserta.

Alhasil sepanjang hari itu seluruh peserta sibuk menyelesaikan portofolio hingga sore hari. Sayang, Pak Azany, rekan semeja saya yang mendapatkan tugas menyusun pengenalan perangkat lunak sistem operasi open source, mengalami masalah dengan CD Knoppix yang diberikan oleh Panitia. Sepertinya ini lantaran Knoppix versi tersebut tidak compatible dengan laptop beliau. Panitia kemudian mengganti tema tersebut, dengan modul 4 Open Source . Beliau lalu mengangkat tema membuat label amplop surat dengan Open Office Writer.

Di tengah-tengah pengerjaan portofolio, Peserta juga mengisi data-data lembar penilaian presentasi. Lembar ini akan diisi nilai presentasi oleh dua orang penguji esok pagi. Nilai ini akan sekaligus digunakan sebagai nilai ujian praktek modul 6 (perangkat lunak presentasi).

Daftar Arsip:

No. Deskripsi Foto/Gambar File
1. Modul Keseluruhan (Pengembangan + Soal). Modul
2. Pengembangan Modul. Pengembangan
3. Soal Latihan. Soal
4. Presentasi Modul. Presentasi
5. Kriteria Soal Pilihan Ganda. Kriteria
6. Foto Peserta dan Panitia. Saya, Pak Asep, Bu Anggun, Pak Ikhlas, Pak Sujono, Pak Azany, Pak Indra, Pak Massyat, Pak Marsefel, Pak Lukman, Pak Joko Parwanto (kiri) dan Pak Sandy (kanan), Pak Rafi .


Tag: , , , , , , ,


%d blogger menyukai ini: