Sertifikasi Asesor KKPI: Hari Pertama

Akatel tempo hari memperoleh undangan sertifikasi asessor KKPI dari VEDC Malang, yang diselenggarakan dari tanggal 7 – 13 Mei ini. Sebagai perwakilan dari institusi, saya, Bu Anggun Fitrian Isnawati (Bu Anggun) dan Pak Asep Mulyawan (Pak Asep) berangkat untuk memenuhi undangan tersebut. Pemilihan kami bertiga berdasarkan pertimbangan bahwa Akatel telah membentuk suatu unit kegiatan usaha (UKU) yang akan menyelenggarakan jasa pelatihan dan sertifikasi, salah satunya adalah dalam bidang Keterampilan Komputer dan Pengelolaan Informasi (KKPI). Adapun prasyarat yang harus dipenuhi untuk bisa menjadi Tempat Uji Kompetensi (TUK) KKPI adalah tempat tersebut harus memiliki setidaknya 3 (tiga) orang asessor. Jika terpenuhi, maka ini akan melengkapi jenis pelatihan dan sertifikasi lain yang sudah dapat diselenggarakan dalam wadah UKU yaitu CNAP (Cisco Networking Academy Partner) dan JENI (Java for Education Network Indonesia) Local Academy.

Sejak awal, sebelum keberangkatan kami ke Malang, Pak Rafi Pawellangi (Pak Rafi) selaku koordinator KKPI dari VEDC Malang, telah menginformasikan bahwa kegiatan yang akan kami tempuh bukanlah dalam format pelatihan, namun berwujud sertifikasi. Artinya, seluruh peserta harus mempelajari terlebih dahulu seluruh modul – baik closed source maupun open source – yang diperoleh dari situs KKPI dengan perincian sebagai berikut:

  1. Modul 1 : Keterampilan Mengetik 10 Jari
  2. Modul 2 : Mengidentifikasi dan Mengoperasikan Komputer Personal
  3. Modul 3 : Mengoperasikan Periferal
  4. Modul 4 : Mengoperasikan Perangkat Lunak Pengolah Kata
  5. Modul 5 : Mengoperasikan Perangkat Lunak Lembar Sebar
  6. Modul 6 : Mengoperasikan Perangkat Lunak Presentasi
  7. Modul 7 : Mengoperasikan Perangkat Lunak Basis Data
  8. Modul 8 : Melakukan Koneksi Internet dan Bekerja dengan Internet
  9. Modul 9 : Pengelolaan Informasi

Target yang akan dicapai nanti adalah seluruh peserta harus lulus tes praktek maupun teori untuk kesembilan modul tersebut. Sebuah tugas – yang menurut saya pribadi – cukup berat dilaksanakan dalam batasan waktu 6 hari.

Ada satu kejadian unik setiba kami di VEDC Malang. Pada acara pembukaan, kami bertiga cukup lama menunggu di ruang pertemuan tanpa menyadari bahwa sebenarnya acara tersebut telah dipindahkan ke ruang divisi TI!🙂 Akhirnya, dengan panduan seorang petugas, kami pun dibimbing menuju lokasi divisi tersebut, yang ternyata cukup jauh berada di bagian paling belakang.

Beberapa hal penting yang dibahas dalam acara pembukaan antara lain:

  • Para peserta akan diminta menyusun sebuah modul KKPI, dengan teknis pembagian dan pembuatan yang akan dijelaskan pada sesi berikutnya. Termasuk soal latihan untuk modul tersebut dan file presentasinya.
  • Passing grade untuk seluruh ujian – baik teori maupun praktek – adalah 90.
  • Ujian praktek akan dilaksanakan terlebih dahulu, disusul ujian teori dan di hari terakhir akan dilaksanakan remidi untuk seluruh ujian.
  • Teknis persyaratan untuk menjadi TUKL (Tempat Uji Kompetensi Lokal).
  • Update terbaru jadwal pelatihan.

Acara dilanjutkan dengan perkenalan masing-masing peserta. Diawali dengan Pak Rafi, dan diakhiri dengan perkenalan Pak Joko Parwanto, yang menjadi penanggung jawab teknis server KKPI.

Setelah break makan siang dan sholat, dilaksanakan pengarahan untuk penyusunan portofolio. Berupa penyusunan sebuah pengembangan modul. Para peserta dibagi ke dalam beberapa bagian. Saya memperoleh “jatah” mengembangkan modul 5, closed source. Bu Anggun modul 6 closed source, dan Pak Asep modul 7 open source.

Pada sesi ini, panitia juga membagikan 3 buah CD yang berisi modul dan perangkat lunak yang akan digunakan selama pelatihan. Sayangnya Star Office versi 7 yang terdapat di dalam salah satu CD tersebut, tidak dapat di-install (file corrupt ). Untunglah ada file installer Open Office versi 2.1 di dalam salah satu CD yang saya bawa. Sehingga untuk menyelesaikan portofolio ini, saya memilih Open Office Calc (perangkat lunak lembar sebar), Bu Anggun Open Office Impress (perangkat lunak presentasi) dan Pak Asep Open Office Base (perangkat lunak basis data) atau (mungkin) MySql.

Para peserta wajib menyelesaikan dan mengumpulkan tugas ini, meliputi:

  • Pengembangan Modul
  • Soal Latihan
  • File presentasi

Pada esok hari, jam 11 siang. Adapun teknis presentasinya:

  • File presentasi hanya berisi salah satu bahasan materi dalam pengembangan modul.
  • Presentasi akan dilaksanakan per peserta secara bergiliran dan dinilai oleh dua orang penguji.
  • Setiap sesi presentasi dibatasi 10 menit.
  • Presentasi diakhiri dengan tanya-jawab oleh penguji dan peserta lainnya.
  • Presentasi akan dimulai esok hari selepas istirahat siang.

Dengan kata lain – bisa disimpulkan – bahwa untuk menyelesaikan tugas ini, sepertinya seluruh peserta akan lembur hingga larut malam😦 Saya mulai merasakan sebuah “sensasi” sertifikasi, hari pertama langsung berisi penugasan😀

Daftar Arsip:

No. Deskripsi Foto/Gambar File
1. Tes Kamera. Peace, man!🙂
2. Ruang Pertemuan. Dari depan, Dari samping.
3. Update Jadwal Sertifikasi. Jadwal Pelatihan.
4. Divisi TI. Dari muka, Ruang Tengah, Tangga ke lantai 2.
5. Ruang Pelatihan, berinisial 55-204. Departemen ke-55, Lantai 2, Ruang ke-4, begitu mungkin maksudnya? 55-204, Samping kiri, Samping kanan, Ke Papan Tulis .
6. Daftar Peserta Sertifikasi Asesor KKPI Angkatan ke-27. Daftar Peserta.


Tag: , , , , ,

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s


%d blogger menyukai ini: