Mengunduh Streaming Video via Keepvid

Materi tutorial untuk kali ini sebenarnya bukanlah sesuatu yang baru. Sudah banyak situs yang membahas mengenai cara mengunduh video yang ditayangkan secara streaming di Internet. Ada beragam cara yang ditawarkan. Mulai dari memasang plug-in atau extension ke dalam browser, membuka kode HTML dari halaman situs, melakukan konversi secara online lalu menerima hasilnya lewat link pada kiriman email , hingga menggunakan beberapa perangkat lunak yang khusus dibuat untuk tujuan itu.

Namun dari sekian banyak cara yang sudah saya coba, bisa jadi mengunduh video lewat Keepvid, adalah cara yang sederhana dan cukup layak diandalkan.

Anda tidak perlu melakukan instalasi apa pun, cukup berbekalkan browser dan download manager. Aplikasi yang disebutkan terakhir tadi berfungsi untuk mengantisipasi pengunduhan yang terputus “di tengah jalan”, sekaligus menyimpan dan menatanya di folder yang telah ditentukan.

Pada artikel ini browser yang digunakan adalah Firefox. Adapun aplikasi download manager-nya adalah Flashget. Keepvid sebenarnya mendukung beragam situs streaming video, dan kali ini Youtube dipilih sebagai contoh untuk mendapatkan film singkat mengenai “personal computer“.

Berikut ini langkah-langkahnya:

  1. Buka situs YouTube.
  2. Ketikkan “personal computer” (tanpa tanda kutip) pada kotak pencarian (a). Pastikan bahwa objek yang dicari adalah Video (b), dan bukan Channel. Klik Search.
  3. Berikutnya akan muncul beragam link yang menampilkan video mengenai “personal computer“. Klik kanan pada salah satu link (a), lalu pilih Copy Link Location.
  4. Buka situs Keepvid. Pada daftar pilihan situs (a), pilihlah YouTube. Di kotak isian (b), tekan tombol Ctrl + V, untuk menyalin link dari YouTube. Klik tombol Download (c). Abaikan segala macam link yang berada di bawah deretan menu (seperti Download, Convert dan Play atau semacamnya), karena ini semua hanya akan mengantarkan anda menuju materi promosi/iklan.
  5. Selanjutnya Keepvid akan menampilkan dua link untuk mengunduh video tersebut. Pilihlah flv untuk format video berkualitas rendah dengan ukuran file kecil, atau mp4 untuk video berkualitas tinggi namun dengan konsekuensi ukuran file yang besar. Pertimbangkan pula bandwidth koneksi internet anda. Lanjutkan dengan klik kanan pada salah satu link, pilih kembali Copy Link Location.
  6. Buka Flashget. Secara standar, ini terletak di menu Start > Programs > Flashget > Flashget.
  7. Setelah muncul, tekan tombol F4 di keyboard. Flashget akan langsung “menangkap” link tersebut di bagian URL. File biasanya akan disimpan di folder C:\Downloads, silakan ubah lewat bagian Save to:, bilamana diperlukan. Klik OK.
  8. Proses pengunduhan akan langsung berjalan. Pada tahap ini biasanya nama file akan mengalami perubahan. Jika ekstensi file tidak muncul, maka setelah pengunduhan usai, anda dapat mengubah nama dari file tersebut, dan menyesuaikan dengan ekstensi yang seharusnya (yaitu menambahkan .flv jika tadi memilih format flv, demikian pula .mp4 untuk format mp4).

Saat ini anda dapat memutar file tersebut secara offline dengan menggunakan beragam multimedia player yang tersedia.

Catatan:
Perhatikan kepemilikan dari setiap video yang anda unduh untuk menghindari masalah hak cipta.


© 2008 Arief Hendra Saptadi. Hak Cipta dilindungi oleh Undang-Undang. Dilarang menyalin sebagian atau seluruh isi naskah tanpa ijin tertulis dari Penulis.

Tag: , , , , ,

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s


%d blogger menyukai ini: