The Power of Quad Core?

Komputer Error? Ulah virus? Cara uninstall yang tidak lazim? Tipuan grafis? Empat inti dari sebuah prosesor yang sedang bekerja serempak?

Bukan. Bukan itu semua …

Apa yang anda lihat sekarang ini adalah gambar asli. Sebuah screenshot. Tanpa penyuntingan apapun.

Begini ceritanya…

Kemarin malam, saya sedang “bersih-bersih” flashdisk 1 GB, karena ternyata tinggal tersisa ruang kosong 4 MB saja di dalamnya. Diantara sekian file dan folder yang saya hapus, ternyata ada satu folder yang memakan waktu cukup lama untuk menghapusnya.

Di dalam folder tersebut, katakanlah folder ‘tampung’ (saya lupa nama persisnya), terdapat banyak file hasil penyimpanan dari browser lewat proses File > Save Page As.

Sebagaimana kita ketahui, bahwa jika menyimpan suatu halaman dengan cara demikian maka akan terbentuk suatu file HTML dan suatu folder dengan nama yang sama. Adapun folder itu akan terisi gambar, skrip program (biasanya JavaScript), atau objek-objek lain yang merupakan komponen “pelengkap” dari file HTML tersebut.

Jadi, jika seandainya folder tersebut terisi – katakanlah – 10 objek, sementara saya melakukan penyimpanan dengan browser untuk setiap halaman yang saya buka sebanyak 5 kali saja, maka akan terbentuklah 5 file HTML dan 5 folder, dimana masing-masing foldernya tersimpan 10 objek di dalamnya! Ini belum memperhitungkan ukuran file maupun folder tersebut!

Saya mencoba menghapus folder tersebut satu demi satu dan ini ternyata memakan waktu yang cukup lama (sekitar 2 menit per folder). Ingat. Saya menghapusnya langsung dari flashdisk, dengan waktu akses data yang lebih lambat dibandingkan dengan harddisk.

Nah, sewaktu saya menghapus suatu folder – sebut saja – A, dan proses ini belum selesai, saya langsung memilih folder berikutnya, B dan menghapusnya. Demikian seterusnya sehingga saya memperoleh tampilan setidak-tidaknya empat folder yang masih dalam proses penghapusan!

Ini peristiwa yang unik. Saya langsung “mengabadikannya” dengan memencet tombol Full Screen. Membuka MS Paint. Menekan tombol Ctrl+V. Menyimpannya dengan hasil akhir sebagaimana yang anda lihat.

Jadi sekali lagi untuk klarifikasi. Ini tidak ada kaitannya dengan aksi prosesor Quad Core🙂

Tinggalkan Balasan

