Fakta Menarik

Selasa kemarin, saya pulang “agak” terlambat. Jam 7 malam. Bukan. Bukan karena hujan deras. Bukan lantaran semata-mata kesibukan mempersiapkan Ujian Tengah Semester. Namun ada suatu keasyikan baru bagi saya.

Membuka lembaran harian ini. Merapikan tiap jengkal halamannya. Menanggapi setiap komentar yang masuk. Menulis artikel dan memajangnya. Mengunjungi halaman tetangga.

Mungkin benar seperti yang dikatakan oleh Albert Einstein. Waktu adalah sesuatu yang relatif. Apa yang saya rasakan “cuma” sebentar ternyata telah menghabiskan waktu berjam-jam🙂

Anyway, saya menemukan fakta yang menarik. Rupanya – perlahan namun pasti – semakin banyak “pihak” yang mengetahui keberadaan situs ini. Jujur saja. Saya tidak pernah “mempromosikan” lembaran harian ini secara terbuka, meski juga tidak bermaksud untuk menutup-nutupi kehadirannya. Satu-satunya momen dimana saya mengungkapkannya secara terang-terangan adalah saat berusaha memotivasi mahasiswa untuk mencoba berlatih menulis, salah satunya dalam bentuk blog. Ini saya lakukan saat mengampu kelas PKL2 (a.k.a. Dapodik) Jardiknas.

Tentu saja yang saya maksud promosi secara terbuka itu adalah mengungkapkannya seperti “Silakan anda berkunjung ke…”, “Silakan klik link berikut ini” atau semacamnya. Apalagi kalau ternyata situs yang dikunjungi tersebut ternyata dipenuhi Adsense, Linkexchange, Payperclick dan berbagai advertisement banner lainnya. Saya bukan bermaksud menyindir situs siapa pun lho😉 Tapi sepertinya memang jauh berbeda dengan upaya saya yang sekedar mencantumkan satu baris alamat situs ini di email signature. Plus menautkan URL ini dengan nama saya, saat mengisi komentar di Shoutbox milik orang lain. Itu saja. Dikunjungi ya syukur, tidak juga nggak apa-apa. Tidak (atau sementara untuk saat ini belum) ada target. Hanya berlatih menulis dan menulis saja.

Nah, saya pun semakin heran manakala secara iseng saat mengetikkan “lembaran harian” (tanpa tanda kutip) di Google, dan mendapatkan hasilnya seperti berikut ini:

Berbeda dengan Yahoo yang belum merespon secara “positif” untuk kata kunci itu. Demikian pula saat kedua mesin pencari tersebut sekedar diberikan kata “lembaran” saja. Namun keduanya seolah “setuju”, saat yang diketikkan adalah “lembaran harian arief”. Google merespon:

Sementara Yahoo memunculkan hasil seperti di bawah ini:

Ini sesuatu yang menarik. Pertama. Saya tidak pernah mencantumkan tag di setiap artikel. That’s just something I always missed out everytime I post an article. Kedua. Umur situs ini juga baru sebulan. Dalam jangka waktu tersebut, baru 10 artikel yang muncul (atau justru jumlah ini cukup banyak?). Tetapi sepertinya ini membuktikan bahwa internet memang merupakan media promosi yang sangat efektif (karena langsung tepat sasaran – hanya bagi mereka yang melek TI atau setidaknya memiliki akses ke internet) dan efisien (karena tidak banyak menghabiskan sumber daya – sebagian besar sudah tersedia secara gratis, cukup mengandalkan koneksi internet).

7 Tanggapan to “Fakta Menarik”

  1. wahyu pamungkas Says:

    Wah..nampaknya tinggal promosi status saja pak…masih lajang atau tidak…kalau ditulis kawin atau tidak kawin..saya percaya jawabanya adalah pernah kawin ..ha ha ha ha (ada kemungkinan posting saya pasti disensor oleh yang punya blog…)…

  2. wahyu pamungkas Says:

    Tinggal promosi status saat ini apakah masih lajang atau tidak p arif???? tapi kalau pertanyaanya adalah kawin atau tidak kawin..pasti jawabanya adalah pernah kawin..ha ha ha ha ( saya yakin komentar saya akan disensor sebelum di posting…)

  3. ariefhs Says:

    Bapak, Ibu, Mas dan Mbak semua. Khusus untuk “pengunjung terhormat” ini saya tidak melakukan sensor apa pun terhadap komentar beliau. Tidak pula saya menambahi apa pun. Semata-mata demi turut menunjukkan “jati diri” beliau😉 Ya inilah salah satu komentar dari salah seorang rekan saya. BTW, terima kasih atas kunjungannya Pak Wahyu.

  4. preme Says:

    wah keren sekali itu pak bisa di urutan 1 google, banyak orang yang mati-matian melakukan praktek SEO (Search engine Optimization) dengan berbagai macam tips dan trik yang kadang aneh2😀 agar situs mereka dapat selalu berada di urutan atas di search engine. Memang blog-nya dosen itu beda & istimewa:mrgreen:

  5. ariefhs Says:

    Keren? Nggak juga kok mas. Coba mas ketikkan “wahyu1576” atau “adnanpurwanto” di Google atau Yahoo, maka nanti akan kelihatan profil situs pak wahyu atau pak adnan. Kayaknya memang sudah ada semacam sistem untuk mengenali “identitas” dari tiap situs. Bahasa awamnya, gitu.

  6. preme Says:

    itu kan spesifik nama, tapi kan bapak mencoba search query “Lembaran Harian” itu kan keyword yang sangat universal dan non spesifik pak😀 maksud saya gitu.

    paling tidak bisa nampang di google ya pak hehehe…😀

  7. ariefhs Says:

    Ya. Memang benar. Tapi sepertinya akan lebih baik lagi jika cukup mengetikkan kata “lembaran”. Tentunya kalau bisa seperti ini butuh perjuangan lebih🙂

Tinggalkan Balasan

