Mengaktifkan Fitur Acer Empowering Technology

Selama masa sertifikasi KKPI ini, saya memperoleh sebuah laptop pinjaman. Acer Aspire 4720Z. Di dalamnya sudah ter-install Windows XP Professional Service Pack 2. Seluruh driver dan program pelengkap untuk laptop sudah tersedia. Pada intinya, tinggal pakai saja.

Tetapi masih ada yang kurang. Tombol e hijau di sudut kanan atas keyboard ternyata belum berfungsi untuk mengaktifkan fitur Acer Empowering Technology (AET)

Bagi yang belum familiar dengan teknologi tersebut, AET adalah sekumpulan tool yang disediakan oleh Acer untuk menunjang penggunaan Laptop sehari-hari, yang terdiri dari:

  1. Tool 1 : Acer eDataSecurity Management

    Berfungsi untuk memberikan suatu drive penyimpan data yang terenkripsi. Kapasitas maksimum untuk drive ini adalah 4 GB. Menu-menunya terintegrasi di Windows Explorer. Anda bisa menyimpan data-data pribadi disini dan menguncinya.

  2. Tool 2 : Acer eLock Management

    Berfungsi untuk membuka dan mengunci berbagai removable storage. Anda bisa mengunci port USB, DVD drive, hingga Floppy drive sehingga tidak sembarang orang dapat memasukkan flashdisk, CD/DVD, atau disket ke laptop. Efektif untuk mengurangi resiko terkena virus dari media lain.

  3. Tool 3 : Acer eNet Management

    Berfungsi untuk mengatur profil koneksi jaringan, entah itu berupa LAN maupun Internet, baik via kabel maupun wireless.

  4. Tool 4 : Acer ePerformance Management

    Berfungsi untuk meningkatkan performa laptop, antara lain dengan mengoptimalkan memori, harddisk hingga mempercepat waktu boot.

  5. Tool 5 : Acer ePower Management

    Berfungsi untuk mengatur penggunaan daya di laptop. Anda bisa mengatur kecepatan CPU, tingkat kecerahan monitor LCD dan pengaturan lainnya untuk menghemat daya. Setelah di-install, tool ini terintegrasi dengan menu Power Options di Control Panel.

  6. Tool 6 : Acer ePresentation Management

    Berfungsi untuk mengatur resolusi eksternal pada laptop saat dihubungkan dengan proyektor. Sangat berguna bagi yang sering melakukan presentasi.
  7. Tool 7 : Acer eRecovery Management

    Berfungsi untuk melakukan backup dan restore data-data di laptop.

  8. Tool 8 : Acer eSettings Management

    Berfungsi untuk melihat informasi sistem dan melakukan pengaturan terhadapnya. Anda bisa mengatur urutan boot hingga mengubah password BIOS lewat tool ini.

Jadi jelaslah, mengapa saya sangat tertarik untuk menambahkan delapan tool tersebut ke laptop :-) Hanya saja sayangnya, fitur AET tidak disertakan di DVD driver (Resource DVD) bawaan laptop tersebut.

Berbagai informasi di internet mencantumkan dukungan AET hanya untuk sistem operasi Windows Vista. Jika anda menggunakan sistem operasi tersebut, silakan pergunakan link ini. Tinggal tentukan saja jenis produk (Select Product Line) ke Notebook, dan silahkan pilih tipe notebook anda. Ambil seluruh file yang diperlukan dari situs itu.

OK. Ingat. Laptop yang saya pakai, menggunakan Windows XP :-|

Setelah mencari kesana-kemari, akhirnya saya memperoleh installer AET versi Windows XP. Meski ini sebenarnya ditujukan bagi laptop tipe 5610 dan 5110. Adapun langkah-langkah instalasinya adalah sebagai berikut ini:

  1. Unduh seluruh file yang diperlukan dari sini.
  2. Unduh update (AcerLAppFix_v1.0.1.0.zip) di sini .
  3. Mekarkan (Extract) seluruh file dan update ke dalam suatu folder.
  4. Unduh .NET Framework 1.1. dari Microsoft.
  5. Lakukan instalasi .NET Framework 1.1. Lakukan restart jika diminta.
  6. Lakukan instalasi untuk Acer Technology Framework. Jalankan instalasi dari dalam arsip ETFInstaller-V2.03.2015-20060327.zip .
  7. Lakukan update dengan menjalankan file AcerLapp_fix.exe
  8. Lakukan instalasi seluruh tool dari AET. Urutan instalasi tidak menjadi masalah.

Berdasarkan apa yang sudah saya lakukan tadi, ada dua tool yang tidak dapat di-install. Acer eNET Management dan Acer eRecovery Management. Saat saya melakukan instalasi yang pertama, muncul pesan:

Acer Empowering Technology - 1

dan untuk instalasi yang kedua, keluar peringatan:

Acer Empowering Technology - 2

Namun setidaknya tiga tool yang saya butuhkan (tool ke-1, 2 dan 6) sudah tersedia di menu.

Beberapa saran:

  1. Hilangkan shortcut AET di folder Startup di dalam Start Menu. Kesannya rancu. Jika AET aktif tiap kali booting, lalu apa fungsi tombol e hijau di keyboard nantinya?
  2. Lakukan instalasi Launch Manager (LM). Utiliti ini tersedia di DVD driver.

    Acer Empowering Technology - 3

    M berfungsi untuk melakukan pengaturan lebih lanjut terhadap tombol-tombol shortcut di keyboard yang langsung menjalankan suatu aplikasi. Salah satunya tombol AET.

    Acer Empowering Technology - 4

  3. Menu AET tampil dalam dua pilihan. Mode Normal dan Mode Widget. Anda bisa mempelajari terlebih dahulu tutorialnya. Klik kanan pada huruf e, lalu pilih Tutorial.

    Acer Empowering Technology - 5

  4. Lakukan backup seluruh file yang sudah anda unduh tadi, saat melakukan instalasi AET. Jika perlu satukan dengan seluruh file dari dalam DVD driver . Siapa tahu anda membutuhkannya di kesempatan lain.

Sumber:

  1. Asepudin. “Acer Empowering Technology” . 9 Maret 2008.

One Post Per Day


© 2008 Arief Hendra Saptadi. Hak Cipta dilindungi oleh Undang-Undang. Dilarang menyalin sebagian atau seluruh isi naskah tanpa ijin tertulis dari Penulis.

About these ads

32 Tanggapan to “Mengaktifkan Fitur Acer Empowering Technology”

  1. wandi_si7@yahoo.co.id Says:

    mas,,
    tolong ajari saya langkah-langkah untuk mengaktifkan wireless conection
    untuk laptop acer 4720z XP.
    saya masih awam tentang teknologi AET tersebut

    kalau bisa tolong kitim ke e-mail saya : wandi_si7@yahoo.co.id

    terimakasih mas…

  2. Zulkhairi Says:

    aktifin empowering 5572

  3. ariefhs Says:

    @wandi_si7:
    saya sudah mengirimkan jawaban mas ke email. silakan dicek…

    @zulkahiri:
    Cara ngaktifinnya kurang lebih sama mas. Tapi untuk laptop yang tipe itu
    saya memang belum mencoba.

  4. eyanset Says:

    mas,

    notebooknya sama dgn saya. tp driver notebook saya hilang. kebetulan lagi install ulang OSnya. OS windows xp. bisa kasih referensi situs yang bisa diunduh untuk drivernya. atau bisa bantu untuk mendapat drivernya? tolong y mas…
    thanks before.

    yan.setia1@gmail.com

  5. ariefhs Says:

    wah sayang mas. saya berencana untuk upload file driver laptop itu, tapi ternyata driver untuk satu sistem operasi saja, mencapai hampir 1 GB atau notabene untuk sistem operasi windows xp dan vista mencapai 2 GB! silakan dicoba link ini atau ke situs utamanya saja sekalian, tinggalkan komentar di sana dan siapa tahu pemilik situs tersebut bisa sekalian mencarikannya untuk mas.

  6. rommy Says:

    mas,,
    tolong ajari saya langkah-langkah untuk mengaktifkan wireless conection
    untuk laptop acer 4720z XP.
    saya masih awam tentang teknologi AET tersebut

    kalau bisa tolong kitim ke e-mail saya : rommykosegeran1983@yahoo.co.id

    terimakasih mas…

  7. simanjuntak7 Says:

    saya baru mencuba kemarin, kalo saya telah memakai net framework v2, saya hanya menggunakan dua installer dari dari keleseluruhan empowering tersebut, yaitu, untuk performance dan power, cuma setelah saya perhatikan dan test, saya rasa tidak ada gunanya, kenapa ?, karena sama aja, lebih parahnya, setelah saya uninstal, empowering tesebut, windows saya menjadi lebih lambat, heheheh (cape dech), sebenarnya, apa sich kegunaannya dari empowering tersebut, oh ya… versi acer yang saya gunakan adalah acer 4530, dan saya rasa acer tsb telah support untuk empowering technology, tolong sarannya …..terima kasih

  8. simanjuntak7 Says:

    hehehe, saya kelupaan os yang saya gunakan, windows xp sp2, terima kasih…

  9. ariefhs Says:

    Coba Mas ke link ini:
    http://ninovalerino.wordpress.com/2008/09/02/install-empowering-di-acer-4530/
    Semoga membantu.

  10. novan Says:

    bagaimana cara mengambil data yang hilang karena secara tidak sengaja saya meng-uninstall emporing datanya ya mas?? pacar saya mengalami kesulitan tersebut..

  11. ariefhs Says:

    Apakah yang dimaksud oleh Mas Novan itu adalah data yang disimpan di di folder Personal Disk Storage bawaan Acer Empowering Technology (AET)? Bila demikian, maka Mas perlu meng-install ulang AET dan biasanya Acer eDataSecurity Management akan langsung mengenali bahwa di komputer telah terdapat folder tersebut. Tinggal memasukkan kembali password, maka file akan langsung dapat diambil lagi. Semoga membantu.

  12. Adi Rahman Says:

    mas., tolong ajari saya cara mengaktifkan wireless connection untuk laptop saya Acer 4720Z
    kalau bisa kirimkan ke email saya

  13. Adi Rahman Says:

    mas., saya belum mengerti bagaimana cara mengaktifkan wireless connection di laptop saya, tolong ajari.? laptop saya Acer 4720Z. kalau bisa kirimkan cara-caranya ke email saya

  14. Adi Rahman Says:

    emailnya rahman_sarijan@yahoo.co.id

  15. Leo Says:

    Klo Mo Download Empowering Utk Acer 4530 kmn ya??Trus Lappie gw punya masalah,klo DVD dikeluarin scara lngsng,Layar Langsung Hang,Knp y??DVD Lemah or Kurang Respon??Thanks..kalau bisa kirimkan ke email saya : hendy_wolf@yahoo.com..

  16. iceman Says:

    mas., tolong ajari saya cara mengaktifkan wireless connection untuk laptop saya Acer aspire 4720Z
    kalau bisa kirimkan ke email saya

  17. simanjuntak7 Says:

    sebenarnya apa sich kegunaan dari acer empowering technology tersebut, atau hanya sebagai hiasan aja ?, kurang membantu sama sekali

    terima kasih

  18. ariefhs Says:

    Berguna atau tidaknya aplikasi Acer Empowering Technology (AET) itu sebenarnya terpulang kembali kepada seperti apa pengguna laptop tersebut. Jika suatu laptop dipakai oleh seseorang yang tidak begitu “mobile”, hanya digunakan untuk mengetik dan mencetak dokumen, maka tentunya pengguna tersebut tidaklah perlu menggunakan AET.
    Saya pribadi memerlukan AET, khususnya untuk dua hal. Pertama, untuk membantu saat presentasi. Dengan adanya fitur ePresentation, sangat memudahkan saya untuk memasang LCD Projector dan mengatur resolusi tampilan tanpa perlu me-restart laptop. Selain itu, terkadang LCD Projector yang dipasangkan tidak selalu “cocok” dengan laptop ACER. Dengan adanya aplikasi tersebut masalah ini dapat teratasi. Kedua, untuk melindungi laptop dari virus. Selain dengan memasang antivirus, saya mengaktifkan fitur eLock. Sehingga ketika seseorang menancapkan flashdisk, atau memasukkan CD ke drive di laptop (terutama saat saya tidak berada di tempat), perangkat tersebut tidak akan berfungsi hingga saya mengetikkan password.

    Nah, jadi kesimpulannya instalasi aplikasi AET tidak bersifat WAJIB. Ini semua tergantung dari kebutuhan masing-masing.

  19. simanjuntak7 Says:

    hehehe, thanks atas penjelasannya, saya seorang yang bergelut di aplikasi web dan programming, saya pikir, AET tersebut dapat membantu mengoptimalkan kinerja dari laptop saya tersebut, tapi saya rasa kurang membantu, itu menurut saya, mungkin tidak bagi yang lain, terima kasih

    • ariefhs Says:

      Memang benar, Mas/Pak. Utility tersebut memang tidak bertujuan untuk mengoptimalkan kinerja, namun sebatas menambah fungsionalitasnya. Itu sebabnya namanya adalah “Empowering” bukan “Optimizing” :-D

  20. DEVIL DIVINITY Says:

    Mas,laptop acer aspire 4720z itu dapet cd installer windows gak??

    • ariefhs Says:

      Tidak mas. Berhubung seluruh sistem operasi Windows itu adalah software komersial. Seorang pengguna harus membeli lisensi untuk memilikinya secara legal. Kelemahan utama dari CD Driver ACER bawaan adalah tidak disertakannya software Acer Empowering Technology, sehingga harus mengunduhnya secara terpisah.

  21. Bukhori Says:

    Assalam…
    maaf saya ingin minta bantuan dari bapak, bgmn si aktifin Wireless di Leptop saya soalnya udah di coba dengan berbagai cara namun ga berhasil2 juga, Leptop saya Aspira 2920Z.
    Mohon bantuan nya…

    Tolang d kirim jawabannya ke alamat email saya ya Pak, Makasih…
    ( Police_ai27@yahoo.com)
    Saya tunggu ya Pak

    • ariefhs Says:

      Apakah tombol wireless di keyboard sudah ditekan? Kemudian kalau sudah, coba di-install lagi driver-nya dengan CD bawaan. Terima kasih.

  22. xander Says:

    mas mau tanya ni gimana cara mengaktifkan acer erecovery management

    • ariefhs Says:

      Maaf, saya juga belum berhasil Mas. Berhubung saya coba hasilnya malah muncul seperti pada gambar diatas (keluar tulisan NoD2D system dst…)

  23. agus Says:

    mas., bagaimana cara mengaktifkan wireless connection di laptop Acer 4720Z. kalau bisa kirimkan caranya ke email saya (agus_supriyatna85@yahoo.com)

    saya dah coba install drivernya buat wireless baik yg intel dan ateros….tapi tetap kok gak bisa yah ? please helpme……

    terima kasih banyak ya mas

  24. natan Says:

    pak mau tanya dunk kenapa ya setelah saya install ulang xp sp3 saya jadi tidak bisa menggunakan wireless adapter di acer 4720z?
    di devicemanager ada tanda seru di wireless broadcomnya.
    gmana ya pak cara menghilangkan tanda seru tersebut(sebelumnya sudah saya uninstall trs install ulang lg driver wirelesnya kalo gk salah pk broadcom)oh ya mas.
    tolong blez ke k3n51n85@yahoo.com ya mas.
    thanks.

  25. Suharnianti Apza Says:

    maksh mas sangat membantu

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s


Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

%d bloggers like this: